Minggu, Juni 07, 2009

Hujan

Diluar hujan lebat, aku jadi ingat dengan kata-kata ustadz sewaktu wirid dimasjid “hujan itu adalah rahmat dari Allah”. Aku pikir ini memang benar hujan itu rahmat, malam ini suhu menjadi sejuk dengan hujan yang lebat, sangat kontras dengan suasana tadi siang yang cuaca panas menyengat. Ketika ikut seminar tadi bajuku sampai basah oleh keringat karena cuaca panas yang menyengat. Disamping itu rumput dan pepohonan yang menguning jadi segar kembali karena telah disirami oleh air hujan, begitu juga dengan debu-debu dijalanan menjadi hilang karena disiram air hujan.

Namun, hujan juga bisa mendatangkan bencana bagi makhluk ciptaan Allah, seperti banjir. Misalnya saja dikota Padang ini jika hujan turun selama lebih dari 1 hari bisa mendatangkan banjir. Ini dikarenakan selokan kurang berfungsi dengan baik. Seharusnya selokan ini berfungsi sebagai tempat pengaliran air namun realitanya selokan banyak yang berfungsi ganda sebagai tempat pembuangan sampah. Sehingga bila terjadi hujan lebat, selokan tidak bisa menampung curahan air hujan, dikarenakan sampah yang menumpuk didalam selokan. Hal ini membuat selokan jadi mampet dan air tidak dapat mengalir dengan lancar, sehingga air menjadi tergenang.

Genang air lama kelamaan akan bertambah jika hujan tidak reda, dan selokan tidak mampu lagi menampung air sehingga air diselokan meluap. Sifat air, air akan mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Luapan air dari selokan ini akan mencari tempat-tempat yang rendah sebagai tempat penampungan, seperti jalan, pemukiman penduduk, dll. Genangan inilah yang membuat banjir.

Tidak ada komentar: