Minggu, April 17, 2011

Refleksi Diri

Ilustrasi:
Di satu kelas pada mata pelajaran Biologi, Sang Guru bertanya kepada muridnya: "Anak-anakku, kira-kira menurut kamu apa yang membuat ikan yang hidup bertahun-tahun di laut yang asin tetap tawar ? " Murid-murid sibuk memikirkan jawaban dari pertanyaan Sang Guru. Seketika kelas menjadi hening...semuanya tenggelam dalam pikiran masing-masing. Lalu selang beberapa menit kemudian tiba-tiba seorang anak laki-laki yang duduk di pojok kanan belakang mengacungkan jarinya. "Saya bisa Bu... Saya pikir itu karena ikannya masih hidup Bu ! Coba kalau ikannya mati, direndam dalam air asin hanya beberapa jam saja ikannya langsung berasa asin".

*******

Kata kunci:
Ikan, Laut, Asin, Ikan Hidup dan Ikan Mati.


Logikanya dapat disimpulkan, ikan yang hidup akan tetap tawar, walaupun hidup bertahun-tahun di laut yang asin dan luas. Sementara itu, ikan yang mati hanya selang beberapa jam akan berasa asin jika direndam dalam air asin, walaupun air asinnya cuma satu ember.
Sesuatu yang dikatakan hidup diantaranya ditandai dengan bergerak dan tumbuh.

Ikan diibaratkan dengan manusia dan laut adalah tempat hidup, sedangkan rasa asin diumpamakan dengan segala macam problema.

Begitulah manusia, bila jasadnya hidup diiringi dengan akal dan hati yang hidup, maka segala macam problema yang kita hadapi tak akan memepengaruhi kualitas diri. Apapun itu permasalahannya. Baik itu besar maupun kecil. Maka BERGERAK dan TUMBUHLAH !!! dengan itu menandakan ENGKAU HIDUP dan BERKUALITAS.


*******
Note:
Balkon lantai 3 Alamanda: Mempertajam analisis wacana.

Tidak ada komentar: